Tips Memulai Usaha Fotocopy

tips memulai usaha fotocopy
No ratings yet.

Berikan Rating

Jika anda saat ini sudah menemukan lokasi yang berada di dekat sekolah atau universitas, sepertinya cocok jika menjalankan usaha fotocopy qtau copy center. Namun sebelum memutuskan untuk membuka usaha tersebut, cobalah melakukan riset kecil-kecilan.

Pada saat jam sekolah atau kuliah, coba perhatikan seberapa sering orang datang untuk melakukan aktifitas fotocopy. Setelah itu lihat juga ada berapa tempat fotocopy yang ada di sekitar sekolah atau universitas tersebut.

Jika tempat fotocopy yang sudah ada selalu ramai artinya pasar masih terbuka lebar. Lakukan hal yang sama dengan usaha lain. Kemudian cobalah evaluasi hasil riset tadi, mana yang paling dibutuhkan pasar. Cek berapa harga yang di tawarkan oleh pesaing dan seberapa cepat pelayanan yang bisa dilakukan.

Apakah perlu membeli juga mesin press/laminating, atau cukup foto copy dan jilid saja? Jangan lupa juga persiapan modal cadangan dan supplier. Terutama untuk barang yang banyak terpakai atau terjual seperti ATK, kertas, toner, tinta, dan lainnya.

Pastikan anda mendapatkan supplier yang baik dan pasokan yang cukup. Jangan sampai nantinya saat usaha anda sudah mulai ramai tapi sering kehabisan stock bahan habis pakai dan perlu beberapa hari untuk mendapatkan barang tersebut. Hal ini bisa membuat konsumen lari ke pesaing anda.

Setidaknya beberapa hal diatas selalu dilakukan jika anda ingin memulai usaha fotocopy

Memulai Awal Usaha Fotocopy
Usaha fotocopy pada awalnya banyak yang tidak mengerti dan mengusai ilmu untuk bisnis foto copy dikarenakan hitungannya terlalu membingungkan, sebenarnya itu hal yang sangat mudah dilakukan karna banyak pengusaha fotocopy yang berhasil.

Menjaga Mutu
Untuk usaha fotocopy yang harus di utamakan adalah selalu menjaga mutu dari semua jasa yang dijual kepada konsumen, cepat, tepat & rapi. Semua faktor itu yang selalu dijaga guna untuk memuaskan konsumen. Agar mutu terkontrol, semua proses produksi foto copy di tangani secara terstruktur.

Bahan Habis Pakai

Bahan habis pakai untuk memenuhi semua kebutuhan fot copy ini harus di suplai dari beberapa supplier yang bekerjasama sehingga miliki beberapa cadang jika suatu saat di supplier satu sedang kosong.

Pelayanan Yang Memuaskan

Selain itu yang tidak kalah penting adalah memberikan pelayanan yang dibutuhkan oleh konsumen, menjaga kualitas dan mutu dari apa yang meraka jual, menjaga kerapian dan keindahan dari setiap order dari mereka.

Promosi

Untuk mempromosikan usaha yang di rintis, cukup menawarkan kepada teman terdekat dulu, lalu mencari beberapa link. Selain itu, pemilihan tempat atau lokasi untuk membuka usaha foto copy juga sangat menentukan laris tidaknya usaha ini. Harga juga termasuk salah satu faktor yang diperhatikan oleh konsumen.

Rizal Saputra
Rizal Saputra
CV Restu Jaya Sentosa adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang importir dan penjualan mesin fotocopy baru dan rekondisi untuk berbagai tipe mesin fotocopy diantaranya Xerox, Canon, Minolta & Toshiba.