Cara Melacak ROI Pemasaran Offline

Online-Offline-

Online-Offline-

Masalah yang dimiliki pemasar dengan pemasaran offline yaitu melacaknya untuk memastikan ROI yang positif.

Membangun sistem pelacakan offline yang efektif, namun manfaatnya sepadan dengan usaha. Anda benar-benar dapat melacak segala bentuk pemasaran offline, termasuk iklan TV dan radio, iklan majalah, billboard dan bahkan pemasaran langsung.

Kurangnya metode pelacakan pemasaran offline berarti Anda hanya dapat mengandalkan lalu lintas langsung untuk mengevaluasi kinerja properti online Anda. Dalam skenario seperti itu, jika Anda mengalami peningkatan pendapatan yang terkait dengan kampanye offline tertentu, Anda harus meningkatkan kenaikan pada kampanye tertentu.

Masalahnya adalah jika seseorang menemukan pemasaran offline Anda dan kemudian menggunakan mesin telusur untuk mengunjungi situs Anda, ini tidak akan dikaitkan dengan benar.

Salah satu solusi yang bisa Anda gunakan adalah Google Analytics. Analisis Google efektif dalam memungkinkan Anda memiliki akses ke informasi yang berkaitan dengan tanggal kampanye tertentu.

Ini benar-benar alat yang harus digunakan, tidak peduli saluran pemasaran apa yang Anda putuskan untuk digunakan. Ini juga gratis, dan sangat mudah untuk disiapkan.

Cara melacak pemasaran offline secara efektif

Pengalihan domain dan domain khusus

Metode ini memerlukan penggunaan nama domain situs web tertentu sebagai solusi periklanan. Pendekatan ini efektif untuk melakukan analisis di tingkat kampanye dan metode ini paling tepat karena cukup mudah untuk diimplementasikan dan dipahami.

Pengalihan domain khusus yang efektif memerlukan sedikit perubahan situs web. Misalnya, Anda dapat mendaftarkan nama domain Anda menggunakan ekstensi domain, seperti www.example.com ke www.example.tv. Nama domain yang berbeda kemudian akan digunakan dalam kampanye offline.

Faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah tersedianya nama domain. Anda bisa melakukan ini dengan memastikan bahwa Anda berada dalam posisi membeli nama domain terlebih dahulu. Anda dapat dengan mudah melakukan ini pada registrar nama domain manapun.

Setelah menyiapkan nama domain khusus, Anda kemudian harus memulai proses pengalihan 301. Ini hanya mengacu pada cara pengguna diarahkan secara otomatis ke situs web Anda setelah mereka mengunjungi nama domain khusus. Misalnya, jika seseorang mengklik www.example.tv, mereka kemudian akan diarahkan secara otomatis ke situs Anda yang sebenarnya (www.example.com).

Melakukan semua ini tidak ada gunanya meskipun jika Anda tidak dapat melihat bahwa lalu lintas berasal dari domain sekunder Anda, jadi Anda harus memastikan bahwa Anda mengalihkan domain ke URL dengan parameter kampanye khusus.

Anda dapat membuat URL dengan parameter ini menggunakan Pembuat URL Kampanye Google. Ada banyak parameter yang berbeda yang dapat Anda tentukan saat menggunakan pembuat URL, namun inilah yang utama yang harus Anda gunakan:

URL situs web – URL situs web Anda
Sumber Kampanye – Sumber mengacu pada asal usul iklan Anda. Misalnya, bisa jadi majalah industri seperti Farmers Weekly atau sumber lainnya.
Media Kampanye – Menengah mengacu pada media pemasaran kampanye, seperti TV, radio dan majalah.
Nama Kampanye – Ini adalah nama kampanye.
Setelah selesai, Anda harus memiliki URL yang terlihat seperti ini:

http://www.example.com/?utm_source=farmers_weekly&utm_medium=magazine&utm_campaign=offline_tractor_sales

Anda kemudian dapat mengalihkan domain .tv ke sini.

 

Rizal Saputra
Rizal Saputra
CV Restu Jaya Sentosa adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang importir dan penjualan mesin fotocopy baru dan rekondisi untuk berbagai tipe mesin fotocopy diantaranya Xerox, Canon, Minolta & Toshiba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *